Tutorial Pembuatan Berkas (revisi 131703-r03)

Kembali

  1. Salin direktori kuliahos ke direktori /extra, lalu masuk ke direktori /extra/kuliahos/NPM/Lab00/. Ganti NPM dengan NPM anda.
    $ cp -r /home/tc/kuliahos/ /extra/
    $ cd /extra/kuliahos/1202000818/Lab00/
  2. Mari buat berkas NPM.txt (ganti NPM dengan NPM anda) menggunakan editor teks vi. Sebagai contoh saya akan menggunakan NPM saya, silahkan menggantinya dengan NPM anda.
    $ vi 1202000818.txt
  3. Anda akan masuk ke dalam layar editor teks vi, secara default anda akan masuk ke command mode. Untuk dapat menulis di editor ini anda harus menekan tombol i di keyboard, lalu ketik "Saya mencoba mengetik dalam vi dalam Tiny Core dalam Virtual Box dalam Windows dalam komputer dalam Lab dalam Fasilkom dalam UI.", tanpa tanda petik. Lalu kembali ke command mode dengan menekan tombol Esc (Escape), simpan pekerjaan anda sekaligus keluar dari vi dengan perintah :wq
    i
    Saya mencoba mengetik dalam vi dalam Tiny Core dalam Virtual Box dalam Windows dalam komputer dalam Lab dalam Fasilkom dalam UI.
    Esc
    :wq
  4. Saat ini berkas baru anda sudah jadi. Mari kita ubah hak aksesnya menjadi bisa dibaca dan dieksekusi saja oleh grup dan user lain. Jangan lupa mengganti NPM saya dengan NPM anda.
    $ chmod 755 1202000818.txt
  5. Mari kita buat sebuah berkas lagi bernama writable.txt. Di dalamnya silahkan tulis "Saya, Nama_Anda, akan berusaha mendapat nilai A di kuliah OS.". Ganti Nama_Anda dengan nama anda. Ganti juga hak akses berkas ini dengan hak dapat dibaca, ditulis dan dieksekusi oleh siapapun.
    $ vi writable.txt

    i
    Saya, Nama_Anda, akan berusaha mendapat nilai A di kuliah OS.
    Esc
    :wq

    $ chmod 777 writable.txt
  6. Dengan demikian di akhir tutorial ini anda mempunyai tiga berkas teks, yaitu dirlist.txt, NPM.txt dan writable.txt.

Kembali
Kembali ke Wiki