Grant Riset Awal UI - 2012

Project bertopik ATN Routing didanai oleh UI tahun 2012
Added by Gladhi Guarddin adin over 6 years ago

Pada tahun 2012 ini tim riset ATN mendapatkan dana hibah Riset Awal dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) - UI, untuk proposal riset berjudul Pengembangan Prototipe Perangkat Routing Ground-to-Ground Protokol Aeronautical Telecommunication Network (ATN) Untuk Sistem Komunikasi Penerbangan Nasional.

Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah sebagai berikut :
  • Membuat dan mengimplementasikan modul routing dalam protokol ATN pada kernel space Linux 2.6. Model routing yang diimplementasikan harus sesuai dengan standar ISO ISO/IEC 10589:2002 yaitu protokol Intermediate System to Intermediate System (ISIS) yang menggunakan Dijkstra algorithm.
  • Membuat aplikasi/perangkat lunak manajemen routing untuk protokol ATN yang berjalan pada user space sistem operasi GNU/Linux.• Mengimplementasikan dan menguji coba perangkat lunak yang dibuat pada sebuah embedded system sebagai standar implementasi industri.
  • Menguji coba transmisi data pada protokol ATN (flight plant) dengan menggunakan berbagai media transmisi (Ethernet dan Media Wi-Fi Nirkabel) pada segmen jaringan yang berbeda melalui perangkat routing yang dihasilkan.
  • Membantu para pengembang piranti lunak maupun integrator sistem lokal agar dapat mengembangkan layanan pembangunan infrastruktur ATN berbasis pada prototipe yang dihasilkan. Prototipe piranti lunak yang dihasilkan sendiri bersifat royalti-free karena diimplementasikan dalam kernel Linux 2.6 sehingga membebaskan industri lokal dari biaya lisensi dan menstimulasi mereka untuk mengalokasikan dana pada proses pengembangan.

Informasi dapat dilihat pada URL berikut:
http://www.research.ui.ac.id/drpm/sites/default/files/lampiran_grantsnews/2012/03-21/daftar-proposal-penerima-hibah-riset-awal-ui-2012.pdf


Comments